Virus Corona - Corona Virus Covid-19


Masih membahas mengenai Covid-19 yang lagi trending belakangan ini karena kasus infeksinya tembus angka 2.565.879 di seluruh dunia (per 22/4/2020). Berikut istilah resmi yang digunakan pemerintah Republik Indonesia untuk menyederhanakan, menyeragamkan penamaan pasien Covid-19 dan tindakan medisnya.

1. Isolasi dan karantina
Terkait dengan virus Corona, kedua istilah ini berarti tindakan utnuk mencegah penularan dari yang sudah terpapar ke orang lain yang belum terpapar.

2. Lockdown
Istilah ini berarti penutupan wilayah yaitu karantina di suatu wilayah untuk membatasi gerak penduduknya. Tindakan ini termasuk menutup akses ke luar masuk wilayah. Di Indonesia sendiri lebih di kenal dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sedikit berbeda namun PSBB hampir sama dengan lockdown bedanya beberapa sektor industri maupun pelayanan publik masih bisa dijalankan. Jika lockdown di luar negeri lebih kepada Penghentian aktivitas Total warga di Luar Rumah kecuali untuk membeli kebutuhan pokok.

3. Orang Dalam Pemantauan (ODP)
Pada ODP, gejala yang muncul hanya salah satu antara demam atau gangguan nafas, misalnya batuk, pilek, sakit tenggorokan ataupun sesak nafas. ODP juga harus menjalani isolasi di rumah dan kondisi mereka akan dipantau setiap hari selama dua minggu. Jika kondisi mereka memburuk maka akan naik ke kriteria PDP jika hasil laboratorium positif terinveksi virus Corona.

4. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)
Terhadap PDP, dilakukan rawat inap terisolasi di rumah sakit rujukan pemerintah. Diadakan pemerikasaan laboratorium, dan dilakukan tracking kontak dengan orang lain. Jadi PDP pasti sudah menunjukkan gejala misal sesak nafas dan demam.

5. Orang Tanpa Gejala (OTG)
Orang yang ketika di test postif terinveksi Virus Corona namun tidak menunjukkan gejala atau bisa disebut gejalanya sangat ringan masuk ke kriteria OTG. OTG biasanya tidak di isolasi di rumah sakit tujukan Covid-19 namun akan dipantau untuk isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Selama pemantauan OTG wajib melakukan pengurkuran suhu 2x sehari, menggunakan masker dan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Termasuk melakukan physical distancing dengan anggota keluarga yang lain dengan tinggal di kamar terpisah. Nah jika di kemudian hari OTG mengalami demam lebih dari 38 Derajat Celcius diminta menghubungi petugas pemantau.

Demikian istilah yang populer dalam Covid-19. Semoga menjadi bahan kita untuk melakukan tindakan terhadap diri maupun masyarakat sekitar. Tetap jaga kesehatan ya dan jaga Physical Distancing. Kepatuhan kita menjadi penyelamat orang lain dan keluarga.

Related Posts

0 Komentar untuk Mengenal Istilah dalam Covid-19