Virus Corona - Covid-19

Masih seputar virus Corona, ternyata 10 fakta baru ini mungkin belum pernah kalian ketahui.
1. Virus Corona berasal dari Hewan
Para Ahli virologi menyatakan bahwa virus ini mungkin berasal dari hewan-hewan yang ada di pasar hewan Wuhan, Tiongkok. Para ahli juga berpendapat bahwa Kelelawar dan Trenggiling disebut memiliki berbagai macam strain Virus Corona walaupun tidak diketahui pasti apakah jenis nCov yang sama dengan yang menyebabkan pandemi.

2. Telah menyebar ke lebih dari 120 Negara
Informasi terakhir per tanggan 16 April 2020 ketika artikel ini ditulis, sudah sekitar 120 negara menyatakan terjangkit Covid 19 dengan jumlah kasus 2.089.237 orang terinfeksi di seluruh dunia. Dengan jumlah di Indonesia sekitar 5.500 kasus. Jadi pantas saja WHO menyatakan kasus Covid-19 sebagai Pandemi.

3. Virus Corona lebih tahan terhadap lingkungan
Virus pada umumnya tidak mampu bertahan di lingkungan luar lebih dari 3 jam tanpa menumpang di Inang yang hidup (bakteri, amoeba dll). Namun seperti di release WHO bahwa Virus corona memiliki kemampuan bertahan lebih lama tanpa menumpang di inang hidup berkisar sampai 9 jam. Sungguh ini suatu hal yang baru karena sebelumnya belum ada virus yang sangat baik bertahan di lingkungan.

4. Hanya kurang dari 3 buah Virus cukup untuk menginfeksi seseorang
Jika Virus Flu saja hanya dengan 3 buah virus saja bisa menyebabkan orang tersebut terkena flu maka diperkirakan Virus Corona kurang dari itu. Hal inilah yang menyebabkan penularan yang masif dan tidak disadari karena terakadang orang yang membawa virus belum tentu terinfeksi. Namun ketika menyentuh sesuatu virus itu bisa berpindah ke orang lain dan menyebabkan infeksi berantai.

5. Virus Corona memiliki tingkat kematian berkisar 5%
Virus ini gampang sekali berpindah namun Corona penyebab Covid-19 memiliki tingkat fatal kematian under 5% dibanding SARS 10% dan MERS 37%. Namun karena tingkat penyebaran infeksinya sangat besar menyebabkan korban meninggal bahkan lebih besar dari MERS sekalipun.

6. Belum ada Vaksin
Para peneliti terus melakukan penelitian masif untuk menghasilkan Vaksin virus Corona. Namun sampai tulisan ini release belum ditemukan vaksin yang tepat. Bahkan para ahli pesimis jika vaksin akan tersedia dalam waktu dekat, paling cepat sekitar satu tahun lagi. Bisa dibayangkan berapa banyak infeksi yang terjadi nantinya.

7. Masker wajib sampai 2 tahun lagi
Walaupun diperkirakan pandemi akan beralalu beberapa bulan lagi, para Ahli kesehatan mengatakan bahwa perlu dan wajib memakai masker ketika keluar rumah. Sayangnya 2 tahun lagi perkiraannya virus Corona akan benar hilang dan dianggap memiliki tingkat fatal seperti flu biasa. Hal ini dipicu karena daya tahan tubuh manusia akan lebih baik dan dibantu dengan vaksin terbaru.

Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan ya..

Dari berbagai sumber.

Related Posts

0 Komentar untuk 7 Fakta Yang Belum Kamu Tahu Tentang Covid-19