Gb. Tahapan dalam Siklus Pembelahan Sel

Pada prinsipnya, pembelahan sel memiliki dua fase yaitu pembelahan inti sel dan pembelahan sitoplasma (sitokinesis). Pembelahan inti membagi material genetik di dalam inti sel sedangkan sitokinesis membagi sitoplasma. Pada pembelahan inti sel, terdapat dua macam pembelahan yaitu mitosis dan meiosis.
Mitosis membagi sel genetik inti sel menjadi sama sehingga ke dua sel anaknya secara genetik sama. Sedangkan Meiosis merupakan pembelahan reduksi dimana sel anak memiliki komponen genetik setengah dari induknya.
Marilah kita bahas pembelahan sel ini satu per satu.

Mitosis

Ada empat fase pembelahan mitosis yaitu profase, metafase, anafase dan telofase. Berikut diagram pembelahan Mitosis.

Gb. Tahap Mitosis


  • Selama profase, nukleolus menghilang, kromatin memadat menjadi kromosom, selaput inti pecah, dan gelendong mitosis mulai terbentuk. 
  • Metafase dimulai ketika kromosom telah tersebar di seluruh lempengan metafase, daerah datar yang berada diantara dua kutub gelendong. Metafase berakhir ketika mikrotubula, yang masih menempel pada kinetokori memisahkan setiap kromosom menjadi dua buah kromatid.
  • Anafase dimulai setelah kromosom terpisah menjadi kromatid. Selama anafase berlangsung, mikrotubul yang bersambungan dengan kromatid memendek dan menarik kromosom ke kutub yang berlawanan. 
  • Telofase, merupakan hasil akhir dari pembelahan sel. Fase ini selaput inti berkembang di setiap kutub membentuk dua inti. Kromosom di dalam setiap inti menyebar ke dalam kromatin dan inti kembali tampak. Secara serentak, sitokinesis terjadi, membagi sitoplasma menjadi dua sel.

Meiosis

Meiosis memiliki kemiripan dengan mitosis hanya saja, pembelahan meiosis terdiri dari dua kelompok pembelahan yaitu meiosis I dan meiosis II. Pada meiosis I, kromosom homolog memasangkan diri pada lempeng metafase dan kemudian bergerak ke kutub yang berlawanan. Pada meiosis II, kromosom tersebar sepanjang lempeng metafase dan kromatid saling terpisah dan menuju ke kutub yang berlawanan. Di bawah ini ringkasan dari pembelahan Meiosis dengan jelas.

Gb. Pembelahan Meiosis
Dari berbagai sumber
Semoga bermanfaat

Related Posts

0 Komentar untuk Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis