Saat tulisan ini saya tulis, UN untuk jenjang SMA baru dilaksanakan, sedangkan untuk jenjang SMP/MTS masih satu minggu lagi. Walaupun sedikit telat namun tidak ada salahnya kalian menerapkan beberapa tips dari BiologyinMind untuk menghadapi UN berikut ini:
1. Persiapkan diri sebaik-baiknya
Berdasarkan pengalaman kami, persiapan berbanding lurus dengan keberhasilan. Semakin siap kalian dalam menghadapi UN maka dapat dipastikan nilai UN kamu juga akan baik. Persiapan itu sendiri meliputi persiapan mental, jasmani dan tentunya siap materi UN.
2. Jagalah Kesehatan
Walaupun masih termasuk dalam persiapan akan tetapi poin ini menjadi sangat krusial karena kesehatan merupakan salah satu kunci keberhasilan kalian. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan begadang.
Mentang-mentang mau UN kita menerapkan sistem kejar semalam buat belajar, itu tidak bijaksana dan dapat mengganggu kesehatan. Istirahatlah yang cukup (kata dokter seh 8 jam perhari), perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sesekali lakukan rekreasi sederhana di lingkunganmu misalnya dengan bangun pagi-pagi kemudian menghirup udara segar disekitar rumah. Dijamin kesehatan kamu menjadi lebih terjaga dan keteganganmu yang selama ini melakukan try out UN sedikit relax.
Penulis juga menyarankan kalian untuk mengkonsumsi suplemen kesehatan namun jangan berlebihan. Maksudnya "sedia payung sebelum hujan", suplemen kesehatan akan meningkatkan daya tahan tubuh kamu sebelum dan selama ujian. Yah kira-kira 1 minggu sebelum ujian kalian bisa menerapkan gaya hidup yang lebih sehat ini.
3. Belajar
Inilah yang paling sering membuat kita boring bosen. Setelah hampir beberapa bulan terakhir dijejali materi dan soal yang sangat banyak kita tentunya akan merasa bosan dan mungkin sudah jenuh untuk belajar. Bagaimana caranya agar kalian lebih nyaman untuk belajar?. Lakukan tips berikut ini. Pertama, belajarlah pada pagi hari. Penelitian dari beberapa Ahli Pendidikan meyebutkan bahwa belajar pagi hari meningkatkan pemahaman dan memberikan efek lebih lama bertahan di dalam memori kita. Bisa tuh setelah sholat subuh kita baca kembali materi UN yang sekiranya belum kamu pahami. Insyaalloh kamu akan lebih cepat menangkap dan lebih paham dari sebelumnya. Ups, tapi jangan membaca sambil tiduran ya.. jangan karena kalian masih sedikit ngantuk sehingga membaca materi sambil tiduran. Kata orang seh bisa menyebabkan mata minus tapi berdasarkan pengalaman penulis, saya tidak percaya akan hal itu, yang saya percaya adalah kalian akan semakin mengantuk dan tertidur pulas ketika belajar pagi sambil tiduran hehe..hehe.. Kedua, biar kalian gak bosen belajar, kalian dapat membuat peta konsep dari buku catatan atau buku materi apa saja ke dalam selembar kertas untuk masing-masing materi. Wah peta konsep, mungkin kalian baru mendengarnya. Pengen tahu seperti apa?Berikut gambarnya silahkan dilihat.

Ketiga, ketahuilah cara belajarmu. Cara belajar yang tepat adalah cara belajar yang kalian temukan sendiri. Tanyakan kepada dirimu sendiri bagaimana cara belajarku yang paling mudah untuk menangkap materi pelajaran?. Kata para ahli, tiap orang memiliki ciri kekhasan sendiri dalam belajar, misal jika kalian menyukai belajar sambil mendengarkan musik berarti kalian termasuk orang visual (lebih suka dengan gambar), jika belajarmu lebih senang dengan mendengarkan penjelasan langsung dari guru maka kamu termasuk orang auditori (senang dengan mendengar) dan sebagainya. Temukan caramu belajar dan kalian akan mendapatkan pemahaman yang lebih dengan singkat.
4. Percaya diri
"Kalian akan menjadi seperti apa yang kalian katakan" (dalam bukunya Djalimin). Maksudnya kira-kira adalah jika kalian mengatakan kalian mampu dan bisa maka hal itu akan terjadi. Pupuklah semangat dan motivasi diri kamu dari sekarang. Ujian Nasional bukanlah menjadi beban buatmu kok, apalagi kalian sudah pernah mendapatkan materi dari guru kalian disekolah maupun di tempat les.
Oia, percaya dirilah kalian sewaktu duduk mengerjakan UN, kerjakanlah sendiri dan tidak usah memperdulikan teman-teman disekitarmu. Teman-temanmu juga sama denganmu, mereka mengerjakan soal yang berbobot sama dengan soal yang kamu kerjakan, jika kamu merasa soal tersebut susah maka teman-temanmu juga merasakan hal yang sama. Jadi kerjakanlah sendiri dan percayalah kalau pekerjaanmu adalah yang terbaik dibanding teman-temanmu.
5. Berdoalah
Last but not Least, berdoa merupakan jurus ampuh dalam menghadapi UN. Penulis tidak menyarankan kalian untuk berdoa saja tanpa belajar namun kalian harus belajar maksimal dan selalu tutup kegiatan belajarmu dengan berdoa. Berdoalah dengan rajin maka pikiran kalian akan menjadi lebih tenang, rilex, aman dan nyaman.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang dapat kalian lakukan, intinya temukan sendiri bagaimana kalian dapat belajar secara maksimal tanpa tekanan, tanpa beban karena Alloh mencintai orang-orang yang berusaha dengan giat. Semoga Sukses!

Related Posts

0 Komentar untuk 5 Jurus Ampuh Sukses Ujian Nasional