Struktur Fungsi Jaringan Saraf Manusia

Jaringan saraf manusia memegang peranan penting dalam koordinasi seluruh tubuh manusia. Unit sel fungsional dari jaringan saraf manusia yaitu neuron. Jaringan saraf manusia terdiri dari dua bagian yaitu neuron dan neuroglia (sel pendukung neuron).
Neuron_yaitu sel yang mentransmisikan impuls saraf. Neuron terdiri atas bagian seperti berikut ini.
1. Badan Sel - mengandung inti dan bagian sel lainnya.
2. Badan Nissl (zat kromatofilik) adalah kelompok organel retikulum endoplasma kasar (rough RE) yang merupakan tempat sintesis protein.
3. Dendrit biasanya pendek, memiliki cabang yang banyak, merupakan penonjolan kecil dari badan sel yang menerima rangsangan.
4. Akson, biasanya merupakan bagian yang panjang, merupakan tonjolan kecil dari badan sel yang mengirim impuls saraf. Akson muncul dari badan sel pada akson hillock yang berbentuk kerucut. Impuls saraf terjadi pada daerah pemicu, biasanya terletak pada segmen awal, sebuah daerah yang berada tepat di luar akson hillock.

Neuron dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsi atau strukturnya. Berdasarkan fungsinya, neuron dibagi menjadi tiga kelompok.
1. Neuron sensoris (neuron aferen) mentransmisikan impuls sensori dari kulit dan indra lainnya atau dari berbagai tempat di dalam tubuh manusia, menuju sistem saraf pusat yaitu otak dan sumsum tulang belakang.
2. Neuron motoris (neuron eferen) mentransmisikan impuls saraf dari sistem saraf pusat menuju efektor, sel-sel sasaran yang menghasilkan semacam tanggapan. Yang termasuk efektor yaitu otot, kelenjar keringat, dan kelenjar eksokrin.
3. Neuron penghubung (interneuron) terletak pada sistem saraf pusat dan mentransmisikan impuls dari neuron sensori ke neuron motorik. Lebih dari 90% neuron dalam tubuh manusia merupakan neuron penghubung.
Untuk pembagian neuron berdasarkan strukturnya dibagi menjadi tiga kelompok. Namun untuk yang satu ini akan saya bahas di posting selanjutnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Copyright © Biology In Mind
Theme by BloggerThemes & NewWPThemes | Supported by BIM