Standar Tata Tertib Guru dan Siswa Laboratorium IPA

Tata tertib menjadikan suatu keharusan adanya karena laboratorium merupakan tempat yang berisi alat dan bahan yang mungkin bisa berbahaya jika digunakan. Ketertiban harus dilaksanakan oleh setiap pengguna lab baik itu guru maupun siswa. Berikut tata tertib standar yang ada di laboratorium IPA (Biologi, Fisika, dan Kimia). Anda dapat menambahkan lebih detail lagi sesuai dengan kebutuhan.

( BAGI GURU )

1. Berilah penjelasan kepada siswa sehingga siswa mau menghayati tata tertib laboratorium bagi siswa .
2. Awasilah siswa yang sedang melaksanakan kegiatan Lab.
3. Berusahakah agar siswa penuh disiplin.
4. Siapkanlah alat dan bahan yang akan dipakai untuk kegiatan.
5. Berikanlah penjelasan setiap alat yang masih asing, mudah rusak, dan bahan berbahaya bagi siswa.
6. Beritahukanlah pada siswa pengunaan alat listrik.
7. Usahakanlah agar laboratorium tetap bersih, tertib, rapih dan nyaman untuk kegiatan.
8. Etiket pada botol harus benar dan jelas.
9. Berilah peringatan, petunjuk, dan larangan agar kegiatan berhasil sesuai tujuan.
10. Alat pemadam kebakaran harus selalu siap pakai.
11. Kotak P3 K selalu tersedia dan terawat, dan guru harus mampu menggunakan isi kotak P3K itu.
12. Matikanlah semua lampu yang tidak digunakan, apabila akan meninggalkan Laboratorium.

13. Guru harus mengatur suasana kegiatan dalam laboratoraium IPA dinamis, tidak gaduh, dan tertib.
14. Usahakan agar laboratorium digunakan sesuai dengan jadwal, dan seefisien mungkin.
15. Guru bertanggung jawab atas keberesan dan kebersihan, tidak merugikan pemakai yang lain.
16. Menuliskan catatan penting tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan pada buku kegiatan harian lab yang tersedia.


( BAGI SISWA )

1. Memasuki laboratorium IPA harus seijin dan dibawah pengawasan guru.
2. Hanya melalukan percobaan atau kegiatan yang disetujui guru.
3. Alat dan bahan hanya digunakan di Laboratorium, dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada.
4. Periksa sebelum bekerja apakah alat dan bahan telah tersedia.
5. Laporkan segera bila ada alat yang rusak atau hilang, bahan yang habis, dan kecelakaan dan atau hal yang dapat menimbulkan kecelakaan.
6. Bacalah etiket pada botol bahan sebelum mengambilnya.
7. Etiket yang hilang atau rusak harus segera dilaporkan agar segera diganti.
8. Jangan maencoba mencicipi bahan kimia, Anggaplah itu semua beracun bagi mata, kulit, mulut, atau tubuh kita.
9. Muntahkanlah segera bila ada zat yang yang masuk dalam mulut, lalu berkumur dengan air yang banyak.
10. Cuci dengan air sebanyak-banyaknya bila bagian tubuh atau baju kita terkena asam atau basa.
11. Tutup botol jangan sampai tertukar dengan tutup botol yang lain.
12. Kembalikan alat alat ketempat semula dalam keadaan bersih.
13. Buanglah sampah ditempat pembuangan sampah.
14. Jangan membawa alat atau bahan keluar laboratorium.
15. Pembakar hanya dinyalakan bila diperlukan saja.
16. Hati-hati dengan api, matikan gas dan listrik bila meninggalkan laboratorium.
17. Bacalah pengumuman –pengumuman yang ada dan taati peraturan.
18. Setiap kegiatan, baik percobaan maupun yang lain selalu diakhiri dengan :
a. Membersihkan tempat, alat-alat yang digunakan, mengecek dan mengembalikan, ketempat semestinya.
b. Mengembalikan botol zat ketempatnya.
c. Mematikan kran air,gas dan listrik.
d. Mengelap dan mengeringkan meja serta bangku.
e. Menyerahkan hasil kegiatan atau laporan kepada guru pembimbing.

Sebagai penunjang administrasi laboratorium IPA, silahkan download tata tertib untuk guru dan siswa melalui link berikut ini.
1. Tata tertib Guru
2. Tata tertib Siswa
Semoga bermanfaat.

Blog, Updated at: 08.17.00

Proteksi Content

Anda BEBAS dan diperbolehkan mengcopy seluruh maupun sebagian artikel dan content yang ada di blog ini namun Anda juga WAJIB mencantumkan link sumber ke http://biologyinmind.blogspot.com. Copy tanpa mencantumkan link sumber termasuk pelanggaran hak cipta. Blog ini juga sudah diproteksi oleh www.DMCA.com yang selalu memonitor seluruh content dalam blog ini.

Keywords

Admin Says Akar Akson Alam Alzeimer Annona Muricata Anti Imunisasi Antibiotik bagian Bagian tubuh manusia Bahan Bakar Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bakteri Bakteriofag Balita Bayi Bayi Prematur Berat badan bioacoustics Bocoran Soal Botol Plastik BPA BPA Free BPJS Brain Work Budidaya Durian Buku Elektronik Bumi Buta Warna Ciri-ciri Hidup Ciri-ciri Vaksin Palsu darah Darah Rendah Darah tinggi Dastol Daun Bionic Daur Daur Ulang Dendrit Diabetes Diastolik Diet Download e-book Endemi Eritropoiesis Fakta file Food problems Fotosintesis Fungsi darah Fungsi Saraf Gejala Hepatitis gempa jepang gratis Guru Hakikat IPA Hemat air Hepatitis Herbal Hewan Hewan Terbang Hipertensi Imun Imunisasi Imunitas Infeksi Ion Kalsium ipa IPA dasar IPA terapan jantung Jaringan hewan Jaringan Tumbuhan jepang JKN Kanker kayu dan kertas Kehati Kelor Kertas Struk Belanja Kesehatan Khemoterapi Komunikasi Sel Kwashiorkor Laboratorium IPA Layout Lab Lecture letak Leukopoiesis Limbah Lingkungan Logo WWF Lososa Low Sodium Salt Makhluk hidup Mal nutritions manusia Marasmus Mata Mata Manusia Matematika Microcephaly Monyet Rhesus Moringa penjernih air Obesity Oleivera Organisasi Kehidupan Otak Bayi Otak Manusia paru-paru basah Pathogen PDAM pdf Pembentukan darah Pemuaian Zat Padat pengolahan air Penularan Hepatitis Penyakit Percobaan peredaran darah manusia Persendian Pikun Muda Plasma Plastik Pneumonia Prediksi Ujian Nasional Ramah lingkungan Recycle Reduce Reuse rpp Saraf Saraf manusia Sarana dan Prasarana Lab Save our earth Sel Sel darah Sel Neuron Selamat Idul Adha semester 1 semester 2 Sendi serangan jantung Sertifikasi Siklus Fosfor Siklus Karbon silabus Sirsat Sistem Sirkulasi Sistol Sistolik Siswa smp SNMPTN 2012 Struktur saraf Sukses Ujian Tata Tertib Teknologi Tenaga surya Tips mengatasi Toxoplasma Trombopoiesis Trombosit tsunami Tulang Tumbuhan Uji Kompetensi Guru Ujian Nasional 2011 UKG UN Vaksin Ebola Vaksin Palsu Vaksinasi Virus Virus Ebola Virus Hepatitis Virus Zika Walhi WWF Zika Virus