Mengapa tubuh kita bisa bergerak?. Tubuh bergerak karena koordinasi otak (saraf pusat) dengan otot sebagai efektor. Artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis otot pada manusia.

Tiga jenis jaringan otot.


Terdapat tiga (3) jenis jaringan otot :

1. Otot Rangka
Otot rangka terdiri dari sel-sel yang memiliki bentuk silindris memanjang. Jika dilihat di bawah mikroskop, sel otot rangka tampak lurik dengan pita tegak lurus sepanjang sel. Jumlah inti yang banyak di setiap sel terdapat di bagian luar sepanjang membran plasma. Otot rangka menempel pada tulang dan menyebabkan pergerakan anggota tubuh. Otot lurik termasuk ke dalam golongan otot sadar (voluntary muscle).

2. Otot Polos
Otot polos terdiri dari sel dengan inti tunggal yang letaknya di tengah-tengah sel. Sel-sel otot polos memiliki bentuk memanjang dengan ujung meruncing namun tidak lurik. Otot polos lebih sering terdapat pada jaringan organ dalam misal dinding pembuluh darah, organ pencernaan, dan pipa urogenitalia. Otot lurik berperan dalam meningkatkan pergerakan zat namun tidak perlu di perintah oleh otak. Karenanya pula otot polos termasuk ke dalam golongan otot tidak sadar (involuntary muscle).

3. Otot Jantung
Otot jantung merupakan otot khusus yang terdapat di organ Jantung. Otot ini berbentuk memanjang, lurik seperti otot rangka tetapi sel otot jantung mempunyai inti sel tunggal yang letaknya di tengah, dan serat ototnya ditemukan bercabang-cabang.

Kita bahas satu per satu di artikel selanjutnya ya. Definisi dan fungsi otot rangka. Struktur otot rangka manusia. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 Komentar untuk Jenis-jenis Jaringan Otot pada Manusia