Bentuk dari Zika Virus
Wabah Zika Virus sedang naik daun diberita akhir-akhir ini. Penasaran apa itu Zika Virus? Simak aja translatean dari situs sebelah ya.. Semoga bermanfaat.

Virus Zika (ZIKV) adalah anggota dari Flaviviridae virus keluarga dan genus Flavivirus.


Pada manusia, awalnya menyebabkan penyakit ringan yang dikenal sebagai demam Zika, Zika, atau penyakit Zika, yang sejak tahun 1950 telah diketahui terjadi dalam sabuk khatulistiwa sempit dari Afrika ke Asia. Pada tahun 2014, virus menyebar ke arah timur melintasi Samudera Pasifik ke Polinesia Prancis, kemudian ke Pulau Paskah dan pada tahun 2015 ke Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan, di mana wabah Zika telah mencapai tingkat pandemi.

Virus Zika berkaitan dengan dengue, demam kuning, ensefalitis Jepang, dan virus West Nile. Penyakit itu menyebabkan mirip dengan bentuk ringan dari demam berdarah, dan belum dapat dicegah dengan obat-obatan atau vaksin . Ada kemungkinan adanya hubungan antara demam Zika dan microcephaly pada bayi baru lahir oleh penularan dari ibu ke anak, serta kuat satu dengan kondisi neurologis pada orang dewasa yang terinfeksi, termasuk kasus sindrom Guillain-Barré.

Aedes, nyamuk yang menjadi penyebar virus Zika.


Virus ini pertama kali diisolasi di April 1947 dari monyet monyet rhesus yang telah ditempatkan dalam kandang di Zika Hutan Uganda, dekat Danau Victoria, oleh para ilmuwan dari Yellow Fever Research Institute. Sebuah isolasi kedua dari nyamuk A. africanus diikuti di situs yang sama di Januari 1948. Ketika monyet dikembangkan demam, peneliti terisolasi dari serum yang agen menular yang pertama kali digambarkan sebagai virus Zika pada tahun 1952. Dalam 1968, itu diisolasi untuk pertama kalinya dari manusia di Nigeria. Dari 1951 sampai 1981, bukti infeksi manusia dilaporkan dari negara-negara Afrika lainnya seperti Republik Afrika Tengah, Mesir, Gabon, Sierra Leone, Tanzania, dan Uganda , serta di bagian Asia termasuk India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.



Patogenesis virus dihipotesiskan untuk memulai dengan infeksi sel dendritik dekat lokasi inokulasi, diikuti oleh penyebaran ke kelenjar getah bening dan aliran darah. Flaviviruses umumnya bereplikasi dalam sitoplasma, tetapi antigen virus Zika telah ditemukan di inti sel yang terinfeksi.

Ada dua garis keturunan dari virus Zika, garis keturunan Afrika dan keturunan Asia. Studi filogenetik menunjukkan bahwa virus menyebar di Amerika yang paling erat kaitannya dengan strain Polinesia Perancis. Urutan genom lengkap dari virus Zika telah diterbitkan . Temuan awal Terbaru dari urutan dalam domain publik menemukan perubahan mungkin dalam nonstruktural protein 1 penggunaan kodon yang dapat meningkatkan tingkat replikasi virus pada manusia.

Related Posts

0 Komentar untuk Explore Zika Virus: Mengenal Virus Zika