Virus Hepatitis yang awalnya menyerang organ Hati / Liver

Membaca laman kompas.com tentang puluhan (tepatnya 28 orang) mahasiswa IPB terjangkit hepatitis A rasanya kok miris juga ya.. Lingkungan kampusnya orang-orang yang berpendidikan tinggi pun tak luput dari penyakit Hepatitis tipe A. Oke kita ulas sedikit ya, apa sih hepatitis itu?.


Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ Hati, yaitu timbulnya peradangan pada hati/liver. Hepatitis disebabkan oleh Virus hepatitis. Ada beberapa jenis virus yg menyebabkan hepatitis, yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, virus hepatitis E, dan virus hepatitis G.

Gejala Penyakit Hepatitis

  • Demam
Ketika tubuh telah terinveksi hepatitis maka akan menyebabkan demam seperti yang terjadi pada gejala flu. Sehingga akan membuat penderita penyakit hepatitis tidak akan menyadari bahwa yang di rasakan merupakan gejala dari penyakit hepatitis.
  • Sakit tenggorokan
Setelah penularan penyakit hepatitis setelah beberapa minggu juga akan mengalami sakit tenggorokan. Hal ini menujukan bahwa virus telah menginfeksi bagian tubuh dan sudah sampai pada bagian tenggorokan.
  • Mual dan muntah
Karena tenggorokan sudah di infeksi akibat dari penularan penyakit hepatitis maka dari pencernaan juga akan mengalami gangguan sehingga ketika di masukan oleh makanan atau minuman akan keluar kembali. Mual dan muntah akibat hepatitis akan membuat nafsu makan seorang penderita turun sehingga berat badan juga ikut turun drastis.
  • Nyeri sendi
Nyeri sendi juga akan dialami dan bukan karena rematik, tetapi karena penularan penyakit hepatitis yang sudah menginfeksi bagian sendi. Dan jika sudah mengalami sakit sendi maka akan sulit untuk menggerakkan badan dengan mudah.
  • Urin yang berubah warna
Ketika mengalami penularan penyakit hepatitis juga akan mengalami perubahan warna urin yang lebih gelap atau lebih pekat dari sebelum nya.
  • Sakit kuning
Jika mata atau pun kulit mengalami perubahan warna menjadi kuning maka dapat di pastikan jika virus hepatitis telah menginfeksi tubuh.
  • Pusing kepala
Pusing kepala juga akan terjadi dan termasuk gejala dari penularan penyakit hepatitis yang akan membuat kepala akan berat jika bangun setelah berbaring.

  • Sakit perut
Sakit perut yang dialami ketika sakit hepatitis bukan sakit perut biasa, melainkan sakit perut yang akan terasa sangat sakit apabila perut di sentuh atau di tekan. Tetapi jika tidak menyentuh perut maka akan terasa baik baik saja.

Pencegahan tertular Hepatitis antara lain adalah :

  1. Imunisasi
    Imunisasi adalah salah satu cara yang efektif dalam membantu mencegah terjadinya infeksi penyakit hepatitis. Setelah mendapatkan imunisasi maka tubuh secara otomatis akan memproduksi/membentuk antibodi / kekebalan tubuh pada penyakit hepatitis. Imunisasi hepatitis yang bisa diberikan untuk anak usia 2-18 tahun cukup sekali diberian seumur hidup mereka.
  2. Imunitas sementara
    Pencegahan penyakit Hepatiti dapat dilakukan dengan imunitas sementara. Cara ini adalah salah satu cara yang efektif bisa diberikan pada seseorang yang melakukan perjalanan ke daerah endemik penyakit hepatitis dan juga pada lingkungan dengan sanitasi yang kurang baik. Biasanya antivirus diberikan agar bekerja efektif setelah 2 minggu pemberian.
  3. Memelihara kebersihan diri dengan baik.
  4. Tidak meminjam barang pribadi orang lain (sikat gigi, handuk, dll) selama kita ragu dengan kondisi kesehatan mereka.
  5. Setia pada pasangan dan tidak melakukan hubungan seksual dengan orang lain
  6. Tidak melakukan donor darah jika Anda menderita penyakit hepatitis.
  7. Membersihkan ceceran darah yang ada.

Related Posts

0 Komentar untuk Puluhan Mahasiswa IPB terjangkit Hepatitis A