Pernah liat logo "Tidak mengandung BPA" di kemasan botol minum bayi?. Kalo iya, penasaran kan apa itu BPA dan dimana sih kita bisa menemukan BPA dalam kehidupan sehari-hari?.
Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang digunakan dalam berbagai produk, seperti botol air , komposit gigi dan resin yang digunakan untuk melapisi wadah makanan logam dan minuman, dan juga digunakan dalam kertas termal struk kasir. 
Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan di University of Missouri menyediakan data pertama bahwa BPA dari kertas termal yang digunakan dalam struk cash register mengandung BPA tingkat tinggi. Subyek yang diteliti menunjukkan peningkatan pesat BPA dalam darah mereka setelah menggunakan produk perawatan kulit dan kemudian menyentuh tanda terima toko dengan BPA . 
"BPA pertama dikembangkan oleh ahli biokimia dan diuji sebagai suplemen estrogen buatan," kata Frederick vom Saal, Kurator Profesor Ilmu Biologi di Sekolah Tinggi Seni dan Ilmu Pengetahuan di MU." Sebagai endokrin sintetis kimia, BPA telah ditunjukkan untuk mengubah sinyal mekanisme endokrin penerima estrogen dan hormon lainnya. 
Tiket pesawat, penerimaan ATM dan kertas termal lainnya semua menggunakan sejumlah besar BPA pada permukaan kertas sebagai cetak pengembang. Masalahnya adalah, kita sebagai konsumen memiliki pembersih tangan, krim tangan , sabun dan tabir surya di tangan kami yang secara drastis mengubah tingkat penyerapan BPA di permukaan kulit." Dalam studi tersebut, peneliti menguji subyek manusia yang membersihkan tangan mereka dengan pembersih tangan dan kemudian memegang kertas struk termal . Sebagai langkah tambahan, subjek yang telah memegang kertas termal kemudian makan kentang goreng dengan tangan mereka. Hasilnya adalah bahwa BPA diserap sangat cepat, kata vom Saal . " Penelitian kami menemukan bahwa sejumlah besar BPA dapat ditransfer ke tangan Anda dan kemudian ke makanan yang Anda pegang dan makan, serta diserap melalui kulit Anda," kata vom Saal ." 
BPA menunjukkan sifat seperti hormon dan telah terbukti menyebabkan cacat reproduksi pada janin, bayi , anak-anak dan orang dewasa serta kanker , metabolik dan masalah kekebalan pada hewan pengerat.
BPA dari kertas termal akan diserap ke dalam darah Anda dengan cepat. Pada level tersebut, berbagai penyakit seperti diabetes dan gangguan seperti obesitas meningkat juga. Penggunaan BPA atau bahan kimia sejenis lainnya yang sedang digunakan untuk menggantikan BPA dalam kertas termal menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia."

Sumber: ScienceDaily[dot]com
Terjemahan bebas dari Admin dan Google Translator hehehe..

Related Posts

0 Komentar untuk AWAS Kertas Struk Kasir mengandung BPA!