Struktur Otak Manusia
Pernahkah kalian nyeberang jalan sambil meleng tanpa liat kanan kiri langsung jalan aja?. Trus ada pengendara becak kaget ngerem mendadak ciiiiittt untung pake rem cakram langsung maki-maki "eh nyebrang hati-hati, gak punya otak lu!". Pernah gak? hehe..

Kali ini saya tidak akan membahas tentang "otak" tetapi lebih serius dari itu, otak manusia dengan ciri, struktur, fungsinya, dan yang pasti fakta-fakta yang belum pernah kamu tahu tentang otak. Yuk simak terus ya, pindah bahasa dulu ah biar gak gaul amat jadi artikel ini bisa kalian copy tanpa banyak mengubah banyak (enak bener tinggal copas). Ha ha ha..

Otak manusia berfungsi sebagai interpresator rangsang menjadi tindakan, aksi menjadi reaksi. Interpresator sendiri secara lugas artinya "menterjemahkan". Tubuh manusia yang banyak terdapat alat indera (ujung saraf sensory) menerima rangsang apapun bentuknya dari lingkungan. Namun karena alat indera manusia terbatas hanya 5 macam (pengecap, penciuman, peraba, penglihatan, pendengaran) maka tugas otak adalah mengolah pulsa rangsangan dari aseptor (penerima rangsang) kemudian diinterpretasikan menjadi suatu reaksi dan diteruskan kepada efektor (otot). Contohnya, jika tangan kita menyium aroma minyak wangi maka saraf aseptor meneruskan rangsang ke otak kemudian otak yang memerintahkan otot untuk bergerak (efektor), misal kalian tidak suka dengan wanginya maka tangan akan menutup hidung dan sebagainya.

Bagian Otak Manusia

Bagian terbesar dari otak manusia terbagi menjadi dua belahan. Pada bagian bawahnya terletak batang otak, di belakang terdapat cerebellum dan lapisan terluar dari bagian otak manusia adalah korteks serebral, yang terdiri dari empat lobus : lobus frontal, lobus parietal, lobus temporal dan lobus oksipital.
Seperti semua otak vertebrata, bagian otak manusia juga berkembang menjadi tiga bagian yang dikenal sebagai otak depan, otak tengah dan otak belakang. Masing-masing membentuk rongga berisi cairan yang disebut ventrikel. Otak depan berkembang menjadi struktur yang mendasari otak tengah menjadi bagian dari batang otak dan otak belakang menimbulkan daerah batang otak dan otak kecil.

Bagian-bagian Dan Fungsi Otak Manusia

Fungsi otak manusia adalah pusat komando sebagai sistem saraf manusia, yang menerima masukan dari organ sensorik dan mengirimkan output ke otot. Otak manusia memiliki struktur dasar yang sama seperti otak mamalia lain, tetapi lebih besar dalam kaitannya dengan ukuran tubuh daripada otak tersebut. Bagian otak manusia memiliki fungsi seperti berikut ini :
  • Korteks serebral merupakan bagian terbesar dalam otak manusia yang dianggap sebagai sentral pemikiran yang kompleks. Bagian lobus frontal berhubungan dengan fungsi tingkat tinggi seperti pengendalian diri, perencanaan, logika dan pemikiran abstrak. Pemrosesan visual terjadi di lobus oksipital. Lobus temporal memproses suara dan bahasa yang termasuk juga hipokampus dan amigdala dengan fungsi otak manusia untukk memainkan peran dalam memori emosi. Lobus parietalis mengintegrasikan masukan dari indera yang berbeda dan penting untuk orientasi spasial dan navigasi.
  • Batang otak menghubungkan ke sumsum tulang belakang dan terdiri dari medulla oblongata, pons dan otak tengah. Fungsi bagian otak manusia ini utama dari batang otak ini meliputi : menyampaikan informasi antara otak dan tubuh, memasok beberapa saraf kranial ke wajah dan kepala dan melakukan fungsi penting dalam mengendalikan jantung, pernapasan dan kesadaran.
  • Thalamus dan hipotalamus yang terletak antara otak dan batang otak. Thalamus menyampaikan sinyal sensorik dan motorik ke korteks dan terlibat dalam mengatur kesadaran, tidur dan kewaspadaan. Fungsi otak manusia bagian Hipotalamus akan menghubungkan sistem saraf dengan sistem endokrin, di mana hormon diproduksi melalui kelenjar pituitari.
  • Cerebellum terletak di bawah otak besar dan memiliki fungsi penting dalam mengontrol motorik. Fungsi bagian otak manusia ini memainkan peran dalam koordinasi dan keseimbangan, yang juga memungkinkan untuk memiliki beberapa fungsi kognitif.
Fakta-fakta tentang bagian otak manusia
  • Otak manusia adalah otak terbesar dari semua vertebrata, yang relatif terhadap ukuran tubuh
  • Beratnya sekitar 3 pon (sektar, 1,4 kilogram)
  • Cerebrum membentuk 85 persen dari berat otak
  • Otak membentuk sekitar 100 miliar sel saraf (neuron)
  • Otak juga berisi jutaan serabut saraf (akson dan dendrit)
  • Perlu komputer sebesar 2x lapangan bola untuk bisa menyamai cara otak manusia mengambil keputusan.
 Untuk bahasan super komputer dibahas di artikel mendatang ya, tunggu aja.

Related Posts

0 Komentar untuk Otak, Super komputer di Kepala Manusia Bag 1