Mata Manusia merupakan organ optik satu-satunya yang dirancang sebagai alat indera. Tidak ada alat indera yang tersusun kompleks sebagaimana mata. Dengan indera yang satu ini, manusia bisa melihat lingkungan sekitar dengan baik (bagi yang punya penglihatan normal lho hehe). Berikut 8 fakta menarik tentang mata manusia.
  1. Teknologi resolusi kamera saat ini mungkin hanya berkisar paling besar 32-64 megapiksel, tetapi Tuhan telah jauh-jauh hari membuat mata manusia dengan kemampuan hingga 576 megapiksel (gak tau juga ni sumber dapat angka ini dari mana, pembuktiannya susah. Yang pasti teknologi manusia bakalan kalah kalah dan kalah deh).
  2. Mata manusia tersusun dari lebih 2 juta bagian yang saling berfungsi satu sama lain.
  3. Rata-rata manusia mengedip sebanyak 12 kali tiap menitnya atau sekitar 10.000 kedipan tiap harinya.
  4. Kemampuan proses mata juga sangat cepat, yakni bisa memproses sekitar 36.000 bits informasi yang diterima tiap jamnya.
  5. Bola mata manusia itu memiliki berat hingga 28 gram.
  6. Mata manusia bisa melihat puntung rokok yang menyala dari jarak sekitar 2 km tanpa bantuan alat apapun. Hebat kan?.
  7. Mata manusia memiliki yang namanya "daya pisah lensa mata". Nah ini akan saya bahas lain kali ya, panjang soalnya.
  8. Lapisan kornea sebenarnya adalah hanya terdiri dari lapisan tissue yang tak membutuhkan asupan darah, tidak seperti jaringan dan organ tubuh lainnya.
  9. Penderita buta warna biasanya 10 kali dialami kaum pria dibanding wanita. Atau dengan kata lain, perbandingan wanita yang buta warna dengan pria yang buta warna adalah 1:10. Untungnya aku nggak buta warna coy. Buta warna itu bukan hanya ketidak mampuan mata menyerap warna sehingga kaya kita nonton teve hitam putih gan, akan tetapi bisa saja buta warna karena tidak bisa membedakan warna-warna tertentu. Moga aja kalian gak buta warna ya. Ada testnya lho kalian itu termasuk butawarna atau enggak. Ni salah satunya.
Gb Test Buta Warna
           Menurut kalian, angka berapa yang ada di dalam lingkaran di atas?.

Dari berbagai sumber.

Related Posts

0 Komentar untuk 9 Fakta Dashyat: Mata Manusia yang Belum Pernah Kamu Tahu