Peredaran Darah Kecil dan Besar pada Manusia

Beberapa hari lalu, pengunjung blog ini menanyakan mengenai peredaran darah kecil dan besar. Apa sih perbedaannya?. Yuk kita dalami lebih jauh apa itu peredaran darah kecil dan besar.
Peredaran darah kecil dan besar sebenarnya adalah peredaran darah yang tidak dapat dipisahkan antara satu dan lainnya. Maksudnya adalah dalam tubuh manusia, peredaran darah ini saling mendukung dan tidak ada darah yang hanya mengalir di peredaran darah kecil saja atau besar saja. Karena pada dasarnya peredaran darah ini melalui pembuluh darah juga sehingga disebut peredaran darah tertutup. Lebih jelasnya mari kita lihat skema di bawah ini.

Gb 1. Skema peredaran darah kecil dan besar pada manusia

Teliti lebih jauh ya..
1. Peredaran darah kecil
Peredaran darah kecil maksudnya dalah darah mengalir melalui bilik kanan jantung kemudian menuju arteri pulmonalis (pulmo = paru-paru), kemudian mengalir lagi melalui vena pulmonalis menuju jantung masuk ke serambi kiri. Setelah dari serambi kiri, darah dipompa masuk ke bilik kiri dan siap masuk ke sistem peredarah darah besar.
2. Peredaran darah besar
Setelah darah yang berasal dari peredaran darah kecil sampai bilik kiri jantung, bilik kiri memompanya ke seluruh tubuh melalui aorta (arteri besar) baik ke atas (kepala, otak dsb) dan ke bawah (tangan, perut, kaki dsb). Setelah itu darah terpompa kembali masuk ke serambi kanan melalui vena dan siap masuk ke sistem peredaan darah kecil.
Mudah bukan?. Terus apa gunanya peredaran darah kecil dan besar? Apa gunanya darah dipompa ke paru-paru. Temukan jawabannya di artikel selanjutnya ya.. Keep stay tune deh..
Copyright © Biology In Mind
Theme by BloggerThemes & NewWPThemes | Supported by BIM