"Selamatkan bumi kita". Kata ini tidak asing ditelinga kita namun apakah kita sudah menanamkannya di setiap keseharian kita?. Bumi, apa sih bumi itu?. Bumi adalah anggota tatasurya satu-satunya yang dihuni oleh manusia. Bumilah yang telah menjadi tumpuan setiap manusia berpijak, mencari makan, penghidupan, kesejahteraan, dan apapun kegiatan manusia pastilah tidak jauh dari bumi. 
Kemudian mengapa bumi ini perlu kita selamatkan?. Pernahkah kalian melihat berita tentang banjir, kebakaran hutan, sampah yang menggunung, dan wabah penyakit?. Dengan menjaga kelestarian di bumi berarti kita telah menjaga semua hal berlangsung normal, kata lugasnya sih harus ramah lingkungan.
Bagaimana kita bisa ramah lingkungan? Apakah kita bisa?. Bisa kok, ramah lingkungan bisa dilakukan kapan saja, tanpa banyak biaya, tidak memakan waktu dan tempat. Ramah lingkungan yang paling sederhana yaitu dengan mengurangi sampah, sampah plastik khususnya. Sampah jenis satu ini adalah yang paling sukar untuk diuraikan dan setiap hari kita selalu menggunakan kemudian membuangnya.
"Dibakar aja". Benar, namun sekarang cara dibakar kurang tepat untuk dilaksanakan. Lihatlah, disekeliling kita telah banyak asap dari kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik. Hiruplah udara disekitar kita? Apakah kalian mencium bau sesuatu terbakar? Got? Sampah? Ya mungkin saja. Bersyukurlah kalian jika ditempat kalian masih segar udaranya. Jadi tepatkah kita membakar sampah?. Saya kurang setuju, kurang tepat sekarang ini. 

Bukankah akan lebih baik jika kita mengurangi penggunaan plastik?. Bagaimana caranya?. Mudah saja, pakailah kembali plastik yang sudah kalian miliki. Plastik yang masih bisa digunakan akan lebih baik untuk digunakan kembali untuk membungkus, membawa, dan menyimpan barang. Khusus untuk makanan yang kalian makan, hati-hatilah membungkusnya dengan plastik karena bisa saja plastik itu meracuni kalian. Saya akan bahas lebih lanjut di lain waktu untuk masalah ini (food grade).
Setelah kita mengurangi penggunaan kita juga harus ikut serta dalam mengolah limbah plastik, recycle atau lebih mudahnya daur ulang. Pernahkah kalian melihat mainan dari plastik daur ulang?. Pasti pernah, sebagian besar mainan dari bahan plastik sekarang menggunakan bahan plastik daur ulang. Pabrik mengambil plastik sampah dari lingkungan kemudian menjadikan kembali mainan yang kalian mainkan. Jadi tidak mengotori lingkungan kan?. Jika plastik dibuang langsung kan bisa bertahan sampai 25 tahun. Bayangkan, ketika kita tumbuh dewasa, plastik dot kita sewaktu kecil masih utuh mungkin hehehehe...
Nah untuk bahasan save our earth ini akan saya bahas dilain artikel. Selamat menjadi superhero lingkungan ya...

Related Posts

0 Komentar untuk Save Our Earth