Tahukah Kamu tentang Toxoplasma?

Sering kita mendengar istilah penyakit toxoplasma dalam kehidupan serhari-hari tetapi tahukah kamu tentang toxoplasma itu?
Apa itu toxoplasma?
Toxoplasma adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini berkembang biak dengan membelah diri pada sel darah putih. Parasit ini akan membentuk kista setelah pembelahan sehingga akan berada pada fase inaktif sementara. Maksudnya adalah penderita yang terinfeksi parasit toxoplasma tidak menunjukkan gejala apapun sampai pada ketika kondisi tubuh drop sehingga kekebalan tubuh menurun, stress, kekurangan gizi. 
Gambar bakteri toxoplasma pada paru-paru babi

Pada dasarnya manusia kebal terhadap toxoplasma dan tidak menyebabkan gejala penyakit. Namun jika infeksi parasit toxoplasma terjadi pada wanita hamil akan menyebabkan abortus (kelahiran dini), cacat fisik pada janin (biasanya tempurung kepala janin gagal terbentuk). Jika bayi tidak mengalami cacat fisik, kemungkinan bayi yang lahir telah terinfeksi pula dengan toxoplasma.
Bagaimana cara penyebaran penyakit toxoplasma?

Toxoplasma sering diidentikkan dengan penyakit yang dibawa dan disebarkan oleh kucing. Namun, sebenarnya penyakit ini dapat pula disebarkan oleh hewan lainnya yang telah terinfeksi parasit toxoplasma. Penyebaran pada mulanya hanya karena kotoran kucing yang mengandung parasit toxoplasma. Penemuan terbaru menunjukkan bahwa hewan lain dapat menjadi vektor (media penyebaran) penyakit toxoplasma karena parasit ini dapat menyebar melalui cairan tubuh seperti darah dan air liur. Bahkan yang lebih bahaya adalah ditularkan melalui serangga lewat gigitan.
Apakah hanya wanita hamil yang terserang toxoplasma?

Gb. Daur hidup toxoplasma.

Telah disinggung di atas bahwa pada dasarnya sifat parasit toxoplasma dapat inaktif pada manusia yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Oleh karena itu, sebenarnya infeksi toxoplasma dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang umur dan jenis kelamin. Hanya saja, kecenderungan gejala infeksi penyakit lebih banyak ditemukan pada wanita hamil dan janinnya.
Gejala apa saja yang paling sering ditemukan pada wanita hamil penderita toxoplasma?
Pada manusia, pada umumnya toxoplasma menimbulkan gejala berupa cepat lelah, demam, infeksi pada  tenggorokan, pembesaran kelenjar getah bening, dan nyeri di kepala. Jika gejala ini muncul pada diri anda, jangan anda kemudian takut akan terkena penyakit toxoplasma. Perlu dilakukan uji laboratorium untuk mengtahuinya dengan pasti. Analsis laboratorium biasanya menguji ada atau tidaknya zat anti toxoplasma dalam plasma darah. Mengapa zat antinya yang diuji keberadaannya?. Karena secara alamiah, tubuh akan membentuk antibodi terhadap infeksi dan masukknya zat asing ke dalam tubuh. Nah jika terdapat  anti toxoplasma maka dipastikan orang tersebut mengidap toxoplasma.
Uji seperti ini dapat diidentikkan dengan uji golongan darah yang pernah anda lakukan di PMI. Petugas akan mengambil sampel darah anda kemudian meneteskan zat anti A dan anti B. Jika darah anda menggumpal setelah di tetesi anti A berarti golongan darah anda A. Jika ketika ditetesi anti B menglami penggumpalan tetapi tidak menggumpal ketika ditetesi anti A, berarti golongan darah anda B. Jika ketika ditetesi anti A dan B menggumpal semua berarti golongan darah anda AB. Dan terakhir jika ditetesi anti A dan B tidak menggumpal maka golongan darah anda 0 (nol). Maaf buka O (oooo) lho! tetapi yang benar adalah golongan darah nol. 


Blog, Updated at: 08.25.00

Proteksi Content

Anda BEBAS dan diperbolehkan mengcopy seluruh maupun sebagian artikel dan content yang ada di blog ini namun Anda juga WAJIB mencantumkan link sumber ke http://biologyinmind.blogspot.com. Copy tanpa mencantumkan link sumber termasuk pelanggaran hak cipta. Blog ini juga sudah diproteksi oleh www.DMCA.com yang selalu memonitor seluruh content dalam blog ini.

Keywords

Admin Says Akar Akson Alam Alzeimer Annona Muricata Anti Imunisasi Antibiotik bagian Bagian tubuh manusia Bahan Bakar Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bakteri Bakteriofag Balita Bayi Bayi Prematur Berat badan bioacoustics Bocoran Soal Botol Plastik BPA BPA Free BPJS Brain Work Budidaya Durian Buku Elektronik Bumi Buta Warna Ciri-ciri Hidup Ciri-ciri Vaksin Palsu darah Darah Rendah Darah tinggi Dastol Daun Bionic Daur Daur Ulang Dendrit Diabetes Diastolik Diet Download e-book Endemi Eritropoiesis Fakta file Food problems Fotosintesis Fungsi darah Fungsi Saraf Gejala Hepatitis gempa jepang gratis Guru Hakikat IPA Hemat air Hepatitis Herbal Hewan Hewan Terbang Hipertensi Imun Imunisasi Imunitas Infeksi Ion Kalsium ipa IPA dasar IPA terapan jantung Jaringan hewan Jaringan Tumbuhan jepang JKN Kanker kayu dan kertas Kehati Kelor Kertas Struk Belanja Kesehatan Khemoterapi Komunikasi Sel Kwashiorkor Laboratorium IPA Layout Lab Lecture letak Leukopoiesis Limbah Lingkungan Logo WWF Lososa Low Sodium Salt Makhluk hidup Mal nutritions manusia Marasmus Mata Mata Manusia Matematika Microcephaly Monyet Rhesus Moringa penjernih air Obesity Oleivera Organisasi Kehidupan Otak Bayi Otak Manusia paru-paru basah Pathogen PDAM pdf Pembentukan darah Pemuaian Zat Padat pengolahan air Penularan Hepatitis Penyakit Percobaan peredaran darah manusia Persendian Pikun Muda Plasma Plastik Pneumonia Prediksi Ujian Nasional Ramah lingkungan Recycle Reduce Reuse rpp Saraf Saraf manusia Sarana dan Prasarana Lab Save our earth Sel Sel darah Sel Neuron Selamat Idul Adha semester 1 semester 2 Sendi serangan jantung Sertifikasi Siklus Fosfor Siklus Karbon silabus Sirsat Sistem Sirkulasi Sistol Sistolik Siswa smp SNMPTN 2012 Struktur saraf Sukses Ujian Tata Tertib Teknologi Tenaga surya Tips mengatasi Toxoplasma Trombopoiesis Trombosit tsunami Tulang Tumbuhan Uji Kompetensi Guru Ujian Nasional 2011 UKG UN Vaksin Ebola Vaksin Palsu Vaksinasi Virus Virus Ebola Virus Hepatitis Virus Zika Walhi WWF Zika Virus

Visitor