Bagian-bagian Akar Tumbuhan


Pada tumbuhan dikenal dua jenis akar yatu akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang pada umumnya ditemukan pada tumbuhan dengan berbiji dikotil sedangkan akar serabut biasanya pada tumbuhan berbiji monokotil.

< Struktur Akar Tunggang pada tanaman Dikotil

Perbedaan utama antara akar tunggang dan akar serabut yaitu pada strukturnya. Akar tunggang biasanya berbentuk seperti tombak dengan bagian bawah semakin mengecil. Biasanya akar tunggang masuk ke dalam tanah secara lurus ke bawah tanpa banyak percabangan. Percabangan hanya pada akar berukuran lebih kecil, sedangkan akar tunggang utama masih terlihat jelas. Contoh pada Mahagoni sp dan Ficus benjamina.

Akar serabut sedikit berbeda strukturnya dengan akar tunggang. Perbedaannya yaitu pada bentuknya yang seperti serabut sehingga akar utamanya tidak terlihat dan lebih banyak percabangan keluar dari pangkal tumbuhan. Contoh tumbuhana yang berakar serabut yaitu pada bangsa padi-padian (Oriza satifa) maupun palem-paleman (seperti Cocos sp).

Bagian-bagian akar:
a. Epidermis
    Epidermis akan berkembang dari protoderma. Sel epidermis berbentuk pipih dan berdinding tipis. Di dekat ujung akar, sel-sel epidermis mengalami modifikasi yaitu berbentuk rambut-rambut akar yang berfungsi memperluas bidang penyerapan air dan garam mineral. Pada ujung dari rambut akar terdapat kaliptra yaitu suatu bangunan keras yang fungsinya melindungi akar dan membantu akar menembus tanah. Kaliptra biasanya kita kenal dengan sebutan tudung akar (root cap).
b. Korteks akar
    Sel-sel korteks berbentuk besar dan bervakuola besar. Plastida di dalam sel jaringan korteks menyimpan pati. Oleh karena itu biasanya pada tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di akar (singkong), pertumbuhan korteks akar menjadi lebih dominan dibanidngkan dengan jaringan lainnya.
c. Endodermis
    Dinding sel endodermis mengandung selapis suberin atau gabus yang disebut pita caspary. Pita tersebut merupakan kesatuan antara lamela tengah dan dinding primer. Pada akar yang mengalami penebalan sekunder, endodermis tanggal bersama dengan sel korteks lain.
d. Silinder pusat (stele)
    Stele terletak di dalam endodermis, terdiri atas jaringan pembuluh (xylem dan floem). Pada lapisan luar silinder pusat terdapat perikambium atau perisikel. Jika bagian tengah tidak diisi oleh jaringan pembuluh, bagian tersebut diisi oleh parenkim empulur. Do bagian dalam perikambium berbatasan dengan protofloem dan protoxylem. Pada akar tumbuhan dikotil, xylem terletak di pusat akar, tersusun berbentuk bintang, sedangkan floem mengelilinginya.

Blog, Updated at: 11.31.00

Proteksi Content

Anda BEBAS dan diperbolehkan mengcopy seluruh maupun sebagian artikel dan content yang ada di blog ini namun Anda juga WAJIB mencantumkan link sumber ke http://biologyinmind.blogspot.com. Copy tanpa mencantumkan link sumber termasuk pelanggaran hak cipta. Blog ini juga sudah diproteksi oleh www.DMCA.com yang selalu memonitor seluruh content dalam blog ini.

Keywords

Admin Says Akar Akson Alam Alzeimer Annona Muricata Anti Imunisasi Antibiotik bagian Bagian tubuh manusia Bahan Bakar Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bakteri Bakteriofag Balita Bayi Bayi Prematur Berat badan bioacoustics Bocoran Soal Botol Plastik BPA BPA Free BPJS Brain Work Budidaya Durian Buku Elektronik Bumi Buta Warna Ciri-ciri Hidup Ciri-ciri Vaksin Palsu darah Darah Rendah Darah tinggi Dastol Daun Bionic Daur Daur Ulang Dendrit Diabetes Diastolik Diet Download e-book Endemi Eritropoiesis Fakta file Food problems Fotosintesis Fungsi darah Fungsi Saraf Gejala Hepatitis gempa jepang gratis Guru Hakikat IPA Hemat air Hepatitis Herbal Hewan Hewan Terbang Hipertensi Imun Imunisasi Imunitas Infeksi Ion Kalsium ipa IPA dasar IPA terapan jantung Jaringan hewan Jaringan Tumbuhan jepang JKN Kanker kayu dan kertas Kehati Kelor Kertas Struk Belanja Kesehatan Khemoterapi Komunikasi Sel Kwashiorkor Laboratorium IPA Layout Lab Lecture letak Leukopoiesis Limbah Lingkungan Logo WWF Lososa Low Sodium Salt Makhluk hidup Mal nutritions manusia Marasmus Mata Mata Manusia Matematika Microcephaly Monyet Rhesus Moringa penjernih air Obesity Oleivera Organisasi Kehidupan Otak Bayi Otak Manusia paru-paru basah Pathogen PDAM pdf Pembentukan darah Pemuaian Zat Padat pengolahan air Penularan Hepatitis Penyakit Percobaan peredaran darah manusia Persendian Pikun Muda Plasma Plastik Pneumonia Prediksi Ujian Nasional Ramah lingkungan Recycle Reduce Reuse rpp Saraf Saraf manusia Sarana dan Prasarana Lab Save our earth Sel Sel darah Sel Neuron Selamat Idul Adha semester 1 semester 2 Sendi serangan jantung Sertifikasi Siklus Fosfor Siklus Karbon silabus Sirsat Sistem Sirkulasi Sistol Sistolik Siswa smp SNMPTN 2012 Struktur saraf Sukses Ujian Tata Tertib Teknologi Tenaga surya Tips mengatasi Toxoplasma Trombopoiesis Trombosit tsunami Tulang Tumbuhan Uji Kompetensi Guru Ujian Nasional 2011 UKG UN Vaksin Ebola Vaksin Palsu Vaksinasi Virus Virus Ebola Virus Hepatitis Virus Zika Walhi WWF Zika Virus

Visitor